Sabtu, 19 September 2015

Filled Under:

Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur Teks, dan Ciri Kebahasaan


Teks cerita sejarah adalah teks yang menceritakan suatu peristiwa sejarah yang terjadi di masa lampau dan berdasarkan fakta. Peristiwa sejarah tersebut disusun secara kronologis berdasarkan urutan waktu terjadinya, dan peristiwa tersebut memiliki makna penting bagi kehidupan masyarakat.

Sebuah teks dapat disebut teks cerita sejarah apabila strukturnya seperti struktur teks cerita sejarah. Selain itu di dalam teks cerita sejarah terdapat beberapa ciri kebahasaan.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah terdiri dari 3 struktur, yaitu :
1. Orientasi
Pada bagian orientasi terdapat gambaran umum tentang peristiwa yang diceritakan pada sebuah teks cerita sejarah. 
2. Urutan peristiwa
Bagian ini merupakan bagian yang isinya menceritakan kronologi peristiwa sejarah yang disusun sesuai urutan waktu. 
3. Re-orientasi
Bagian ini merupakan penegasan ulang pada teks cerita sejarah. Bagian ini bukan merupakan struktur yang harus ada dalam teks cerita sejarah, sehingga tidak semua teks cerita sejarah terdapat bagian re-orientasi.

Ciri Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah memiliki beberapa ciri kebahasaan, yaitu :
1. Menggunakan nomina / kata benda untuk mengidentifikasi apa dan siapa yang terlibat dalam peristiwa sejarah.
2. Menggunakan kelompok kata untuk menggambarkan peristiwa sejarah secara rinci. Kelompok kata dalam teks cerita sejarah yaitu kelompok kata nomina dan kelompok kata verba.
3. Dilengkapi waktu kejadian / kronologi. Urutan penyajian informasi dalam teks cerita sejarah disusun secara kronologis.



Admin
Terimakasih telah berkunjung di blog ini. Silahkan bagikan artikel ini kepada teman anda jika bermanfaat. Terimakasih.Pelajaran Kita


0 komentar:

Posting Komentar